PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DILIHAT DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan kemandirian tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII SMPN 22 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan test digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran PBL dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan temuan 1 dan temuan 2 bahwa dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dilihat dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar