PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFIIYAH AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Irfa Irma Yuza, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1388/1/2011_2011830.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, berdasarkan latar belakang hasil belajar siswa di MA Asy-Syafiiyah Airtiris masih rendah, karena kurangnya minat siswa untuk belajar kimia khususnya pada pokok bahasan hidrokarbon. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah hasil belajar kimia pada pokok bahasan Hidrokarbon dapat ditingkatkan dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas X MA Asy-Syafiiyah Airtiris?”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Kimia khususnya pada pokok bahasan hidrokarbon dengan penggunaan peta konsep. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MA Asy-Syafiiyah Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar membuat siswa lebih aktif dan meningkatkan prestasi siswa. Pengambilan data dengan menggunakan post tes, ulangan harian tiap siklus dan dokumentasi. Penulis memberikan angka untuk setiap siklus, yaitu sebelum tindakan 59,00%, Siklus I 67,50%, Siklus II 81,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Peta Konsep meningkatkan hasil belajar kimia di kelas X MA Asy-Syafiiyah Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik.