Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Complete Sentence di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas III C Sekolah Dasar Negeri 05 Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata 62,32 dengan ketuntasan klasikal 39,29%. Setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I meningkat yaitu dengan rata-rata 73,32 dengan ketuntasan klasikal 67,86%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi dengan rata-rata mencapai 83,57 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Complete Sentence, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia