PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya (1) perbedaan kemampuaan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran CIRC dengan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM), (3) pengaruh interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas control dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen di SMP N 2 Singingi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua jalan (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengukur kemampuan awal matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen adalah 65,13 dan kelas kontrol adalah 55,39, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran CIRC dengan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM), dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis