Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa dalam belajar PAI yang mana sekolah telah memberlakukan poin pelanggaran bagi siswa yang melanggar disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberlakuan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar PAI di sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Penelitian ini dilakukan pada semester IX tahun ajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Objek penelitianya adalah pengaruh pemberlakuan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar PAI . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Siak Hulu Kampar yang berjumlah 67 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 67 siswa yaitu siswa kelas VIII karena kelas VII masih dalam masa transisi sedangkan kelas IX dalam suasana persiapan ujian UN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberlakuan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Hasil ini ditandai dengan nilai r hitung <r tabel (0,244 < 0,655 > 0,317) dengan sig (0,000 < 0,05) lebih kecil dari probabilitas 0,05. Adapun persentase sumbangan pengaruh pemberlakuan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar PAI adalah sebesar 42,8%, sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pengaruh, Pemberlakuan Poin Pelanggaran, Kedisiplinan Siswa