PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karena kemampuan pemecahan masalah matematis dapat mempermudah siswa dalam menjawab persoalan matematika. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Upaya penyelesaian dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa matematika berbasis model Eliciting Activities. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa matematika berbasis model Eliciting Activities yang valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Tambang. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran serta siswa kelas VIII.1 dan VIII.3 SMPN 3 Tambang. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa matematika berbasis model Eliciting Activities. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan eliciting activities dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 87,33%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan eliciting activities dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase kelompok kecil 92,68% dan tingkat persentase pada kelompok besar 86,11%. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, diperoleh nilai sebesar 2,44 dan nilai pada taraf signifikan sebesar 2,021 maka atau ,021 sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan eliciting activities dengan siswa yang tidak menggunakan Lembar Kerja Siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan eliciting activites ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah metamatis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Eliciting Activities, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis