PENERAPAN METODE PERMAINAN MERANGKAI KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Permainan Merangkai Kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia gejala yang berkaitan dengan hasil belajar siswa, yaitu masih banyak siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini terbukti bahwa terdapat 13 orang siswa dari 19 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian adalah penerapan metode permainan Merangkai Kata untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Agar peneliti lebih terarah sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan metode permainan Merangkai Kata menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 65,78% dengan ketuntasan klasikal 42,11%. Artinya hasil belajar siswa sebelum tindakan berada dibawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kemudian setelah menerapkan metode permainan Merangkai Kata pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 70,53% dengan ketuntasan klasikal 63,16%. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan ratarata 78,42% dengan ketuntasan klasikal 84,21%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peneraapan metode permainan Merangkai Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Permainan Merangkai Kata, Hasil Belajar Siswa