PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING YANG DIIRINGI MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Asep Sofyan,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1386/1/2011_2011775.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1386/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kimia pada materi senyawa hidrokarbon pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Kampar dengan pembelajaran mind maping yang diiringi musik klasik dan pembelajaran tanpa menggunakan mind maping yang diiringi musik klasik. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan rancangan penelitian t-test design, kelas X-3 menjadi kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional guru sebagai pusat pembelajaran dan X-5 menjadi kelas eksperimen dengan pembelajaran mind mapping yang diiringi musik klasik. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu soal pre-test dan postest. Analisis yang digunakan data tentang hasil belajar mengunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dari analisis deskriptif diperoleh hasil pada kelas eksperimen menggunakan mind maping yang diiringi musik klasik lebih tinggi dari kelas kontrol dengan pembelajaran secara konvensional. Dari analisis inferensial setelah diperoleh data terdistribusi normal dan homogen melalui uji homogenitas dan uji normalitas diperoleh hasil bahwa hipotesis penelitian diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan mind maping yang diiringi musik klasik dengan pembelajaran secara konvensional. Hal ini dapat dilihat melalui hasil t-test dimana thitung > ttabel atau 3,43 > 1,61 dengan derajat pengaruh sebesar 14 %. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Mind Maping yang Diiringi Musik Klasik, Senyawa Hidrokarbon.