HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA
Daftar Isi:
- Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda tugas yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang sehingga tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa adalah kesadaran diri mahasiswa. Kesadaran diri adalah wawasan diri mengenai alasan-alasan dari tingkah laku sendiri. Dengan kesadaran diri mahasiswa mampu memproses dan memikirkan apa yang harus dilakukan, memikirkan baik atau tidaknya menunda mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesadaran diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini 123 mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji korelasi product moment dari pearson. Hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada hubungan antara kesadaran diri dengan prokrastinasi akademik. Hasil statistik menunjukkan adanya hubungan yang negatif antara kesadaran diri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai korelasi sebesar -0,222 (p=0,014). Ini berarti semakin tinggi kesadaran diri mahasiswa maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dilakukan dan sebaliknya semakin rendah kesadaran diri mahasiswa maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik mahasiswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik yang cukup sering namun sebagian besar mahasiswa juga memiliki kesadaran diri yang cukup baik dalam menentukan perilaku akademik. Kata Kunci: kesadaran, prokrastinasi akademik