Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tebing-Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X,XI Jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tebing-Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tebing-Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Populasinya adalah seluruh siswa Jurusan IPS kelas X,XI yang berjumlah 198 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel X dan Variabel Y bersifat ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval, maka penulis menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS for windows versi 23.0. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan rhitung > rtabel pada taraf signifikasi 1% (0,2787 <0,680 >0,3610) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Suasana Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tebing-Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Besarnya kontribusi Suasana Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi adalah sebesar 46,2%. Sedangkan 53,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Suasana Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar