PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Isnayanti Rachmasari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1384/1/2011_2011741.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1384/
Daftar Isi:
  • Penelitian pendidikan telah dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi NHT. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pre-tes dan pos-tes kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 4,107 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 21,4 %. Kata kunci : Numbered heads together, kooperatif, hasil belajar