EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY DENGAN METODE KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media strip story dengan metode komunikatif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab, dengan melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas eksperimen dan kontrol. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan media strip story dengan metode komunikatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada siswa di madrasah tsanawiyah di pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru?". Subjek penelitian adalah guru madrasah tsanawiyah di pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru, sedangkan objeknya adalah penggunaan media strip story dengan metode komunikatif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada siswa madrasah tsanawiyah di pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 madrasah tsanawiyah di pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dan sampelnya adalah siswa kelas 2 Aisyah dan 2 Fatimah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, test dan dokumentasi. dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab antara kelas yang penggunaan media strip story dengan metode komunikatif dengan yang tidak penggunaan media strip story dengan metode komunikatif. Karena nilai To = 6 lebih kecil dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2, 397 dan taraf signifikansi 5% = 1,673, ini berarti bahwa Ha diterima dan ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media strip story dengan metode komunikatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada siswa madrasah tsanawiyah di pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru