KEMAMPUAN INTERAKSI EDUKATIF GURU PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN TAMPAN
Daftar Isi:
- Kemampuan Guru dalam melaksanakan interaksi edukatif adalah ujung tombak keberhasilan siswa, karena dipundak gurulah keberhasilan pendidikan dipertaruhkan. Guru merupakan unsur terpenting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Interaksi Edukatif Guru pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Tampan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah yang diajukan adalah : 1).Bagaimana Kemampuan Interaksi Edukatif Guru pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Tampan ? 2). Apa faktor-faktor yang mempengaruhi Kemampuan Interaksi Edukatif Guru pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Tampan ? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan ( Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Informannya adalah guru PAI berjumlah 8 orang. Tehnik pengumpulan data adalah : Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Tehnik analisa data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ditemukan bahwa guru telah mampu melaksanakan Interaksi Edukatif pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Tampan dengan “Baik”. Hal ini dibuktikan bahwa guru telah melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut : 1).Kemampuan guru menciptakan suasana kelas yang kondusif sebelum memulai pelajaran., 2).Memeriksa kesiapan perlengkapan belajar peserta didik., 3).Memberikan motivasi kepada peserta didik sebelum memulai pelajaran., 4).Menjelaskan tujuan materi ajar., 5).Menjajaki pengetahuan awal peserta didik tentang materi pelajaran., 6).Meyampaikan materi pelajaran dengan gaya bahasa yang mudah difahami., 7).Materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak melenceng dari tujuan pembelajaran., 8).Menggunakan metode pelajaran yang bervariasi., 9).Tidak menyinggung perasaan peserta didik dengan kata-kata yang kurang baik selama pelajaran berlangsung., 10).Bersikap Adil kepada Seluruh Peserta Didik., 11). Mengapresiasi tindakan positif peserta didik selama pembelajaran., 12). Memberikan tindakan terhadap perilaku negatif peserta didik selama proses pembelajaran., 13).Menggunakan media pembelajaran untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran., 14).Mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik., 15).Mengevaluasi hasil belajar peserta didik., 16). Membuat kesimpulan hasil pembelajaran., 17).Menyampaikan perencanaan materi untuk pelajaran pada pertemuan berikutnya., 18).Menutup pelajaran dengan memberikan Motivasi kepada seluruh peserta didik. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah : 1). Faktor Tujuan., 2). Faktor guru dan peserta didik,. 3). Faktor metode, 4). . Faktor situasi., 5). Faktor sumber pelajaran., 6). Faktor alat dan peralatan., 7). Faktor evaluasi.