STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN KURIKULUM SE-KKM MIN MERANGIN KABUPATEN KAMPAR KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANA MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH KKM MIN MERANGIN KABUPATEN KAMPAR PELAKSANAAN MADRASAH IBTIDAIYAH
Daftar Isi:
- Keterlibatan masyarakat dalam manajemen kurikulum dimaksudkan agar dapat memahami, membantu, dan mengontrol implementasi kurikulum, sehingga lembaga pendidikan selain dituntut kooperatif juga mampu mandiri dalam mengidentifikasi kebutuhan kurikulum, mendesain kurikulum, mengendalikan serta melaporkan sumber dan hasil kurikulum, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. Manajemen kurikulum adalah suatu system pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komperhensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah Terhadap Pelaksanaan Manajemen Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar” Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimanakah strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar? 2) Apa sajakah faktor pendukung strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar? 3) Apa sajakah faktor penghambat strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah SeKKM MIN Merangin Kabupaten Kampar? Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah 3 orang kepala madrasah guru. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis Hasil penelitian yang diidentifikasikan adalah; Pertama, strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar, yaitu(1)Menyusun perencanaan kurikulum yang akan diajarkan oleh guru.(2) bermanfaat, (3) bersifat baru (4) memenuhi kebutuhan. Faktor yang menunjang terhadap strategi kepala madrasah terhadap manajemen kurikulum di Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar adalah a) Faktor sarana prasarana b) Faktor Leadership (kepemimpinan) c ) Faktor keteladanan dari guru Wali Kelas maupun guru mata pelajaran lain.d) Faktor masyarakat. Orang tua Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar rata-rata tertib, e)Adanya dukungan para alumni Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar. Ketiga Faktor yang Penghambat terhadap strategi kepala madrasah terhadap manajemen kurikulum di Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar adalah a) Kurangnya sosialisasi b) Terbatasnya kesempatan c) Pembiasaan terhadap anak yang sangat lemah. d) Kondisi masyarakat.