EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK TK DIALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU CABANG SUKAJADI
Daftar Isi:
- Perilaku Prososial merupakan salah satu perilaku yang penting dimiliki anak. Salah satu metode pembentukan perilaku pada masa kanak-kanak adalah penghargaan yang mempunyai nilai edukatif. Metode token ekonomi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan prososial anak TK. Token ekonomi berperan sebagai penguat perilaku prososial yang dimunculkan subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode token ekonomi efektif dalam meningkatkan prososial anak TK. Penelitian ini dilakukan pada anak TK kelompok B yaitu 5 orang. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi anecdotal record dan check-list yang terdiri dari 18 aitem. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Penghitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan analisis data penghitungan gain-score diperoleh taraf signifikansi p=0,000. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor yang signifikan pada saat pre-test berjumlah 3,40 dan pada saat post-test berjumlah 15,60. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan skor sebesar 12,2 setelah pemberian metode token ekonomi. Artinya bahwa metode token ekonomi efektif untuk meningkatkan perilaku Prososial pada anak TK. Kata Kunci: Token Ekonomi, Prososial, Anak TK.