Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kemampuan berkomunikasi guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan keaktifan belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kemampuan berkomunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya kemampuan berkomunikasi guru dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 orang dan seluruh siswa kelas VII dan VIII (243 Siswa). Sampel dalam penelitian ini 1 orang guru, dan 54 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan kolerasi produtc moment. Perhitungan data menggunakan program SPSS Versi 16.0 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,455 pada taraf signifikan 5% = 0,2681 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,3477. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,2681<0,455>0,3477. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan berkomunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Kata Kunci : Kemampuan Berkomunikasi Guru Dan Keaktifan Belajar Siswa