EFEKTIFITAS METODE SAMÍYYAH SYAFAWIYYAH DENGAN PERMAINAN ROBOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR SISWA KELAS SATU DI PONDOK PESANTREN I’ANATUTH THALIBIN PERAWANG
Daftar Isi:
- enelitian ini adalah penelitian eksperimen, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode samíyyah syafawiyyah dengan permainan robot untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa, dengan melihat ada tidaknya peningkatan kemahiran mendengar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode samíyyah syafawiyyah dengan permainan robot efektif untuk meningkatkan kemahiran mendengar siswa kelas satu di Pondok Pesantren I’anatuth Thalibin Perawang Kecamatan Tualang?”. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B Pondok Pesantren I’anatuth Talibin Perawang Kabupaten Siak, sedangkan objeknya adalah metode samíyyah syafawiyyah untuk meningkatkan kemahiran mendengar siswa di Mts Pondok Pesantren I’anatuth Talibin Perawang Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 40 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode samíyyah syafawiyyah dengan permainan robot efektif untuk meningkatkan kemahiran mendengar siswa kelas satu dipondok pesantren I’anatuth Thalibin Perawang. Karena nilai To = 5,23 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% dan taraf signifikansi 5%. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode samíyyah syafawiyyah dengan permainan robot efektif untuk meningkatkan Kemahiran Mendengar Siswa kelas satu di Pondok Pesantren I’anatuth Talibin Perawang. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Samíyyah Syafawiyyah, Permainan Robot dan Kemahiran Mendengar