KECEMASAN MENGHADAPI SEKOLAH PADA ANAK DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI
Daftar Isi:
- Kecemasan adalah suatu keadaan emosional yang mempunyai ciri keterangsangan fisiologis, perasaan tegang yang tidak menyenangkan, dan perasaan aprehensif bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dan itu mempengaruhi tinggi rendah nya kepercayaan diri pada anak. hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi sekolah pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan menghadapi sekolah pada anak dengan kepercayaan diri. Artinya Semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah kecemasan menghadapi sekolah pada anak, sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka akan semakin tinggi kecemasan menghadapi sekolah pada anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan incidental sampling dengan sampel 88 orang. Data dikumpulkan melalui dua skala, yaitu skala kecemasan menghadapi sekolah pada anak dengan kepercayaan diri. Data dianalisis dengan menggunakan analisis product moment pearson. Berdasarkan hasil analisis product moment pearson bahwa terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan diperoleh R sebesar -752. Pada taraf signifikansi 0,000 (0,000<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan menghadapi sekolah pada anak dengan kepercayaan diri. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Kecemasan Menghadapi Sekolah Pada Anak.