PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENTDIVISION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASIBELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMAN 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Teguh Saputra, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1376/1/2011_2011705.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1376/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji statistik yaitu uji-t, uji-t ini digunakan untuk menentukan peningkatan prestasi belajar siswa dengan membandingkan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 18,4%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar