PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMAN 1 RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Yulianti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1373/1/2011_2011668.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1373/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, peneliti mengadakan pengujian terhadap metode yang dianggap dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas X SMAN 1 Reteh, metode tersebut adalah metode Question Student Have (QSH), yang memiliki keunggulan yaitu siswa lebih aktif dan berani mengungkapkan pertanyaannya melalui tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Question Student Have (QSH) pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X1 (eksperimen) dan kelas X2 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,85 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar, dengan peningkatan sebesar 11,65%. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Question Student Have (QSH), Prestasi Belajar