Daftar Isi:
  • Remaja dewasa ini hampir tidak dapat dipisahkan dari smartphone yang dipengaruhi harga diri dan intensitas penggunaan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan kecanduan internet dengan nomophobia pada remaja. Kriteria penelitian adalah siswa memiliki smartphone, memiliki paket internet, membawa dan menggunakan saat di sekolah dan rumah. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel 212 siswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Nomophobia-Questionaire (NMP-Q) dari Yildirim (2014), Skala Kecanduan Internet dari Young (1996) dan Skala Harga Diri dari Rosenberg (1965). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan nomophobia dan hubungan positif antara kecanduan internet dengan nomophobia. Artinya, harga diri rendah dan kecanduan internet tinggi mengakibatkan nomophobia pada remaja. Kata Kunci: Harga Diri, Kecanduan Internet, Nomophobia, Remaja