Daftar Isi:
  • Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan perilaku individu yang berperan melebihi deskripsi kerja tanpa adanya reward dari organisasi. OCB karyawan dapat dipengaruhi oleh kualitas hubungan interaksi atasan-bawahan dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah mengenai ada tidaknya hubungan antara kualitas hubungan interaksi atasan-bawahan dan kepuasan kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 130 perawat dari tiga Rumah Sakit Ibu dan Anak di Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak di Pekanbaru sebanyak 70 perawat. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala kualitas hubungan interaksi atasan-bawahan, skala kepuasan kerja dan skala Organizational Citizenship Behavior (OCB). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik parametrik yaitu Multiple Regresi dengan bantuan program SPSS versi 18,0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan kualitas hubungan interaksi atasan-bawahan dan kepuasan kerja memberikan pengaruh terhadap OCB perawat sebesar Adjusted R Square = 0,908 atau 90,8%, p = 0,000 (p<0,05), artinya kualitas hubungan interaksi atasan-bawahan dan kepuasan kerja memberikan pengaruh terhadap OCB pada perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak di Pekanbaru. Kata Kunci: Kualitas Hubungan Interaksi Atasan-Bawahan, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior