EFEKTIFITAS METODE PHONETIK DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN YA ATAU TIDAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA SISWI MADRASAH TSANAWIYAH PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode phonetik dengan menggunakan permainan Ya atau Tidak dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswi Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah metode phonetik dengan menggunakan permainan Ya atau Tidak dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswi Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru? Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswi Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel siswa kelas VIIIA3 dan VIIIA4 Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Phonetik Dengan Menggunakan Permainan Ya atau Tidak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab efektif untuk meningkatkan Kemahiran Berbicara siswi Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 4,16 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.69 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Phonetik Dengan Menggunakan Permainan Ya atau Tidak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab efektif untuk meningkatkan Kemahiran Berbicara siswi Madrasah Tsanawiyah Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Metode, Permainan, Kemahiran Berbicara