Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan strategi debat dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Strategi Debat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru ?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah seluruh siswi Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 7102/7102, dengan sampel siswi kelas XIA dan XIB Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Dan objek penelitian adalah Efektifitas strategi debat dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa strategi debat berbahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Karena nilai To= ٣ 01 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 01 = 7.22 dan taraf signifikansi %1 = 7812 ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain strategi debat berbahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Strategi Debat, Kemampuan Berbicara.