EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SAM’IYAH SYAFAWIYAH DENGAN PERMAINAN “SIAPA DIA” UNTUK MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA DI MTSN 4 ROKAN HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Sam’iyah syafawiyah dengan permainan “siapa dia” untuk meningkatkan maharoh qiro’ah pada pembelajaran bahasa Arab untuk siswa MTsN 4 Rokan Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode Syam’iyah syafawiyah dengan permainan “siapa dia” efektif untuk meningkatkan maharoh qiro’ah pada pembelajaran bahasa Arab untuk siswa MTsN 4 Rokan Hulu?. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, dan test. Populasi penelitian adalah siswa MTsN 4 Rokan Hulu, dengan sampel siswa kelas 1 MTsN 4 Rokan Hulu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode Syam’iyah Syafawiyah dengan permainan “Siapa dia” efektif untuk meningkatkan maharoh qiro’ah pada pembelajaran bahasa Arab untuk siswa di MTsN 4 Rokan Hulu. Karena nilai To = 2,77 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Sam’iyah Syafawiyah, Permainan “siapa dia”, Maharoh Qiro’ah