ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN PRIMA PADA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pelayanan prima pada administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Sabak Auh berdasarkan 6 (enam) aspek yaitu: ability (kemampuan), attitude (sikap), appearance (penampilan), action (tindakan), attention (perhatian), dan accountability (pertanggungjawaban) yang berasaskan Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Kemudian hasil penelitian di analisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang merupakan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data dalam kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun didalam pola, memilih mana yang penting dan menarik kesimpulan yang mudah dipahami banyak orang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pelayanan prima pada administrasi kependudukan di Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak belum terealisasikan secara optimal. Kata Kunci: pelayanan prima, aspek-aspek, undang-undang no.25 tahun 2009, administrasi kependudukan,pelayanan publik.