PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MADRASAH ALIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Nurmayulis, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1367/1/2011_2011589.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1367/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XA1 (eksperimen) dan kelas XA2 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test.Hasilpengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung= 2,863 dan t tabel = 1,67 dan menunjukkan t hitung > t tabel, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar, dengan peningkatan sebesar 15,12 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Quantum Teaching, Prestasi Belajar