Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual dengan Menggunakan Strategi “Bermain Peran” dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa (Penelitian Eksperimen di Kelas Sebelas Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru).‌Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Audiolingual dengan Menggunakan Strategi “Bermain Peran” Efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa kelas Sebelas Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru?”.‌ Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel siswa kelas XI A dan XI B Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test.‌ Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode audiolingual dengan menggunakan strategi ”bermain peran” efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Karena nilai To = 3.92 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.69 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode audiolingual dengan menggunakan strategi “bermain peran” efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Audiolingual, Strategi Bermain Peran, kemahiran Berbicara