PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIROKARBON DAN MINYAK BUMI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH AL- MUTTAQIEN KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK

Main Author: Rauzana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1366/1/2011_2011588.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1366/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini telah dilakukan di Madrasah Aliyah Al- Muttaqien Bungaraya Siak untuk meningkatkan prestasi siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada pokok bahasan Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Pembelajaran. Sampel penelitian ini adalah kelas XB kelas eksperimen, dan XA kelas kontrol. menentukan peningkatan prestasi belajar penelitian ini menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon dan Minyak Bumi di kelas X Madrasah Aliyah Al- Muttaqien Bungaraya Siak sebesar 38 %. Jadi, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Group Investigation, Prestasi Belajar.