EFEKTIFITAS METODE MIM-MEM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA MTS AL MUTTAQIN PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Mts Al Muttaqin Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa MTs Al Muttaqin Pekanbaru? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, tahun ajaran 6102/6102, dengan sampel siswa kelas 8A dan 8B MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa arab MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Objek penelitian adalah Efektifitas Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa MTs AL Muttaqin Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh,dapat disimpulkan bahwa metode mim-mem dengan menggunakan media gambar efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari nilai To=2726 lebih besar dari Tt pada taraf signifikasi 01=6728 dan taraf signifikasi %1=6710. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode mim-mem dengan menggunakan media gambar efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Mim-Mem, Media, Kosa Kata