PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Author: Jumlis Aprianto,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1365/1/2011_2011517.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1365/
ctrlnum 1365
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1365/</relation><title>PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP&#xD; PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA&#xD; PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH&#xD; MENENGAH PERTAMA NEGERI 9&#xD; BENAI KABUPATEN KUANTAN&#xD; SINGINGI</title><creator>Jumlis Aprianto, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Kompetensi Pedagogik Guru&#xD; IPS (variable bebas/independen atau variable X) dan Prestasi Belajar Siswa&#xD; (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah&#xD; untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi&#xD; Pedagogik guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran&#xD; IPS terpadu di SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Benai&#xD; Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi&#xD; guru IPS terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas&#xD; VIII yang berjumlah 50 orang siswa, karena jumlah populasi sedikit maka penulis&#xD; mengambil semua sampel, maka penelitian ini adalah penelitian populasi.&#xD; Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang&#xD; terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang&#xD; kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan&#xD; menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat&#xD; computer melalui program SPSS ( Statistical Package For The Social Science )&#xD; versi 16.0 for windows.&#xD; Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa&#xD; terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru IPS terhadap prestasi&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 9 Benai&#xD; kabupaten Kuantan Singingi, dengan mengetahui bahwa rch = 0.370 jauh lebih&#xD; besar dari pada &#x201C;r&#x201D; table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.273&gt; 0.370 &lt; 0.354.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1365/1/2011_2011517.pdf</identifier><identifier> Jumlis Aprianto, (2011) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1365</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jumlis Aprianto,
title PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
publishDate 2011
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/1365/1/2011_2011517.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1365/
contents Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Kompetensi Pedagogik Guru IPS (variable bebas/independen atau variable X) dan Prestasi Belajar Siswa (variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 50 orang siswa, karena jumlah populasi sedikit maka penulis mengambil semua sampel, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS ( Statistical Package For The Social Science ) versi 16.0 for windows. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 9 Benai kabupaten Kuantan Singingi, dengan mengetahui bahwa rch = 0.370 jauh lebih besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.273> 0.370 < 0.354.
id IOS7815.1365
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881446793216
score 17.538404