PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Jumlis Aprianto, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1365/1/2011_2011517.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1365/ |
ctrlnum |
1365 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1365/</relation><title>PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA
PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 9
BENAI KABUPATEN KUANTAN
SINGINGI</title><creator>Jumlis Aprianto, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Kompetensi Pedagogik Guru
IPS (variable bebas/independen atau variable X) dan Prestasi Belajar Siswa
(variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi
Pedagogik guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
IPS terpadu di SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Benai
Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi
guru IPS terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas
VIII yang berjumlah 50 orang siswa, karena jumlah populasi sedikit maka penulis
mengambil semua sampel, maka penelitian ini adalah penelitian populasi.
Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang
terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang
kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan
menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat
computer melalui program SPSS ( Statistical Package For The Social Science )
versi 16.0 for windows.
Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru IPS terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 9 Benai
kabupaten Kuantan Singingi, dengan mengetahui bahwa rch = 0.370 jauh lebih
besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.273> 0.370 < 0.354.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1365/1/2011_2011517.pdf</identifier><identifier> Jumlis Aprianto, (2011) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1365</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jumlis Aprianto, |
title |
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA
PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 9
BENAI KABUPATEN KUANTAN
SINGINGI |
publishDate |
2011 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1365/1/2011_2011517.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1365/ |
contents |
Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu Kompetensi Pedagogik Guru
IPS (variable bebas/independen atau variable X) dan Prestasi Belajar Siswa
(variable dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi
Pedagogik guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
IPS terpadu di SMPN 9 Benai Kabupaten Kuantan Singingi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Benai
Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi
guru IPS terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas
VIII yang berjumlah 50 orang siswa, karena jumlah populasi sedikit maka penulis
mengambil semua sampel, maka penelitian ini adalah penelitian populasi.
Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang
terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang
kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan
menggunakan teknik regresi linier, dan penulis menggunakan bantuan perangkat
computer melalui program SPSS ( Statistical Package For The Social Science )
versi 16.0 for windows.
Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru IPS terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 9 Benai
kabupaten Kuantan Singingi, dengan mengetahui bahwa rch = 0.370 jauh lebih
besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.273> 0.370 < 0.354. |
id |
IOS7815.1365 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881446793216 |
score |
17.538404 |