Daftar Isi:
  • enelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Metode Sam’iyah Syafahiyah dengan Permainan Ulangi Kalimatnya Jika benar untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa MTs Darul Huda Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Sam’iyah Safahiyah dengan Permainan Ulangi Kalimatnya Jika Benar Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa MTs Darul Huda Kampar?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs Darul Huda Kampar, tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel siswa kelas 1A dan 1B MTs Darul Huda Kampar. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Arab MTs Darul Huda Kampar. Objek penelitian ini adalah Efektifitas penggunaan Metode Sam’iyah Syafahiyah dengan permainan ulangi kalimatnya jika benar untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa MTs Darul Huda Kampar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Sam’iyah Syafahiyah dengan Permainan Ulangi Kalimatnya Jika Benar efektif untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab siswa MTs Darul Huda Kampar. Karena nilai To = 3.75 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 5% = 2.01 dan taraf signifikansi 1% = 2.68. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Sam’iyah Syafahiyah dengan Menggunakan Permainan Ulangi Kalimatnya Jika Benar efektif untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab siswa MTs Darul Huda Kampar. Kata Kunci: Efektifitas, Metode, Permainan, Kemampuan Berbicara.