KORELASI ANTARA PENGUASAAN TASHRIF FI’IL DAN KEMAMPUAN INSYA’ SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui penguasaan tashrif fi’il dan kemampuan insya’ siswa kelas X di MAN 1 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penguasaan tashrif fi’il dan hubungannya dengan kemampuan insya’ siswa kelas X di MAN 1 Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus product moment. Diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan tashrif fi’il dengan kemampuan insya’ siswa kelas X di MAN 1 Pekanbaru, yang ditunjukkan dengan nilai “r” adalah 128.1 dan derajat kebebasannya adalah 88. Berdasarkan analisis rtabel nilai dari tingkat 11 adalah 128.8 dan %1 12810. Hubungan ini termasuk dalam kategori kuat 128.8≤128.0≥12310. dengan demikian, tinggi rendahnya kemampuan insya’ siswa kelas X di MAN 1 Pekanbaru berhubungan dengan penguasaan siswa terhadap tashrif fi’il. Semakin bagus penguasaan tashrif fi’il, maka semakin meningkat pula kemampuan insya’ bagi siswa kelas X di MAN 1 Pekanbaru. Kata kunci : Korelasi, Penguasaan Tashrif Fi’il, Kemampuan Insya’