Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan Metode Syam’iyyah Syafawiyyah dengan Media Teka-teki Silang pada pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru.‌ Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Metode Syam’iyyah Syafawiyyah dengan Media Teka-teki Silang pada pembelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa Madrah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test.‌ Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Syam’iyyah Syafawiyyah dengan Media Teka-teki Silang Kartu efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru . Karena nilai To = 3,12 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Syam’iyyah Syafawiyyah dengan Media Teka-teki Silang pada pembelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyyah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Metode, Media, penguasaan Kosa Kata