Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode qiraah dengan menggunakan media Permainan membaca aktif untuk Meningkatkan Keterampilan membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah Metode qiraah dengan menggunakan media Permainan membaca aktif efektif untuk Meningkatkan Keterampilan membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari memberikan pretest untuk mengetahui keterampilan membaca siswa, kemudian merancang langkah pembelajaran dengan metode qiraah dengan permainan media membaca aktif, observasi, dan terakhir dilakukan posttest. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel siswa kelas ABSTRAK VIII B1 dan VIII A5 Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk menganalisis data observasi dan teks adalah dengan menggunakan rumus t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode qiraah dengan permainan media membaca aktif efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Madrasah Tsanawaiyah darel hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 5,09 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode qiraah dengan menggunakan media permainan membaca aktif efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Madrasah Tsanawiyah darel hikmah Pekanbaru. Dan adapun hasil data observasi adalah 100%, oleh karna itu berada pada tingkat baik sekali. Kata Kunci: Metode qiraah, media permainan membaca aktif, Keterampilan membaca