PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam menggunakan gaya mengajar terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Peneliti sebagai pengajar bahasa Arab di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rumusan masalahnya yaitu: bagaimana pengaruh keterampilan guru dalam menggunakan gaya mengajar terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru? . Sampel penelitian yaitu guru bahasa Arab dan siswa kelas % A dan % B di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Dan judul penelitian ini adalah Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Gaya Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Setelah peneliti menganalisa data, maka masalah yang terdapat dalam penelitian tentang pengaruh keterampilan guru menggunakan gaya mengajar terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru dapat dijawab. Ini ditunjukka melalui analisis motivasi belajar siswa di kelas eksperimen yaitu %47 yang berada pada posisi %17 - %07 (bagus) dan motivasi belajar siswa di kelas kontrol yaitu %27 yang berada pada posisi 417 - %17 ( bisa diterima), ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pengaruh, Keterampilan, Gaya Mengajar, Motivasi