EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KOMUNIKATIF DENGAN STRATEGI EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode komunikatif dengan strategi examples non examples untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru, Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode komunikatif dengan strategi examples non examples efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru? Metode penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel siswi kelas XI A dan XI B Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode komunikatif dengan strategi examples non examples efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 7,1 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1%=2,65 dan taraf signifikansi 5%=2,00 . Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode komunikatif dengan strategi examples non examples efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa Madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Komunikatif, Strategi Examples Non Examples, Kemahiran Berbicara.