PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI (REDOKS) DI KELAS X SMA N 8 SIAK KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK
Main Author: | Dewi Afifah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1362/1/2011_2011470.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1362/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi (Redoks) melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Bowling Kampus. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretes-posttes. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Maret-Mei 2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga yaitu data uji homogenitas, data uji hipotesis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,58 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar. Dengan peningkatan sebesar 9,32%. Kata kunci : Bowling Kampus, Prestasi Belajar