PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X2 SMA N 6 PEKANBARU

Main Author: Retno Yunia Sari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1361/1/2011_2011453.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1361/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian Tindakan Kelas tentang Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada siswa kelas X2 SMA Negeri 6 Pekanbaru pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 5 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dan empat pertemuan lagi dengan menerapkan model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah sebesar 57,5 % sedangkan pada siklus I sebesar 62,5%, pada siklus II sebesar 70% dan pada siklus III sebesar 77,5%. Nilai siswa mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH), dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X2 SMA Negeri 6 Pekanbaru.