PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X2 SMA N 6 PEKANBARU
Main Author: | Retno Yunia Sari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1361/1/2011_2011453.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1361/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian Tindakan Kelas tentang Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada siswa kelas X2 SMA Negeri 6 Pekanbaru pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 5 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dan empat pertemuan lagi dengan menerapkan model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah sebesar 57,5 % sedangkan pada siklus I sebesar 62,5%, pada siklus II sebesar 70% dan pada siklus III sebesar 77,5%. Nilai siswa mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH), dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X2 SMA Negeri 6 Pekanbaru.