Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak, tunneling incentive, bonus plan dan exchange rate terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan yang telah dipublikasikan oleh perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatlah 30 perusahaan dengan 3 tahun pengamatan. Dengan demikian total sampel yang diteliti adalah 90 perusahaan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data menggunakan alat analisis regresi logistik dengan bantuan SPSS ver 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pajak, tunneling incentive dan exchange rate berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. Sedangkan bonus plan tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. Kata kunci : Pajak, tunneling incentive, bonus plan, exchange rate, dan transfer pricing