EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYARAH DENGAN PERMAINAN BOLA BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan metode mubasyarah dengan permainan bola bertanya untuk meningkatkan kemahiran berbicara dalam pembelajaran bahasa arab siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode mubasyarah dengan permainan bola bertanya efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara dalam pembelajaran bahasa arab siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019, dengan sampel siswa kelas “a” dan “b” di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode mubasyarah dengan permainan bola bertanya efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara dalam pembelajaran bahasa arab siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Karena nilai To = 3.12 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode mubasyarah dengan permainan bola bertanya efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara dalam pembelajaran bahasa arab siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Metode, Permainan, Kemahiran Berbicara