PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMK DAR EL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Afrida, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1358/1/2011_2011439.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1358/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Ini terjadi karena guru belum merencanakan pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan nyata yang mengaktifkan siswa, dimana guru aktif sendiri tanpa diiringi oleh aktifnya siswa. Berdasarkan uraian permasalahan di atas penulis melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajan kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Dar El Hikmah Pekanbaru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum daya serap siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan, ini berdasarkan hasil evaluasi 61,7% yang belum mencapai nilai KKM pada siklus I meningkat menjadi 67,54% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 76,7% pada siklus III. Nilai rata-rata hasil ulangan harian juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil ulangan harian kelas dari 60,6 yang belum mencapai nilai KKM pada tahun sebelumnya, menjadi 73,33 setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.