Daftar Isi:
  • Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari oleh siswa mulai dari jenjang SMP hingga SMA. Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari perkembangan masyarakat dan bangsa pada masalalu yang berkelanjutan dalam masa kini dan masa depan. pendidikan sejarah dirancang agar siswa dapat mengembangkan keterampilan dan cara berfikir sejarah, nilai-nilai kebangsaan serta inspirasi berdasarkan peristiwa-peristiwa sejarah,baik sejarah lokal maupun nasional. Namun tidak semua siswa yang menyukai pelajaran sejarah. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa dalam belajar sejarah diantaranya cara mengajar guru yang hanya menggunakan metode ceramah, metode hafalan dan berfokus pada buku. Untuk itu perlu menciptakan cara belajar baru yang bisa membuat siswa tertarik dan memiliki minat dalam belajar sejarah, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar sejarah siswa. Sebanyak 60 siswa SMA Negeri 2 Bangkinang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelompok kontrol. Desain pada penelitian ini adalah nonrandomized pretest-postest control group design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar sejarah dengan nilai (t) sebesar 3,662 dan p=0,001 (p≤0,01), sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar sejarah siswa SMA Negeri 2 Bangkinang. Kata Kunci: Minat Belajar, Media Pembelajaran Audio Visual.