HUBUNGAN KEPERCAYAAN TERHADAP TOKO ONLINE DIMEDIA SOSIAL DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi informasi membuat perubahan dalam segala bidang tak terkecuali bidang pemasaran. Dengan adanya internet mempermudah siapa saja untuk melakukan pembelian secara online. Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berbelanja online adalah kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan terhadap toko online dimedia sosial dengan keputusan membeli produk online pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 72 orang. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan terhadap toko online dimedia sosial dan skala keputusan membeli produk online. Analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian ini memperoleh nilai korelasi sebesar 0,311 dan nilai p 0,004 (p<01). Sumbangsih kepercayaan dengan keputusan membeli dalam penelitian ini adalah 11%, artinya kepercayaan berkontribusi terhadap keputusan membeli sebesar 11%, sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian, terdapat hubungan kepercayaan dengan keputusan membeli produk online pada mahasiswa. Kata kunci: kepercayaan, toko online, media sosial, keputusan membeli