EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MIM-MEM DENGAN TEKNIK LOOK-AND-SAY EXERCISES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA DI SMP MUTU MUHAMMADIYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Metode Mim-Mem Dengan Teknik LookAnd-Say Exercises Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa, dengan melihat ada tidaknya perbedaan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan Penggunaan Metode Mim-Mem Dengan Teknik LookAnd-Say Exercises Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Di SMP Mutu Muhammadiyah Pekanbaru?”. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 di SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah Efektifitas Penggunaan Metode Mim-Mem DenganTeknik Look-And-Say Exercises Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Di SMP Mutu Muhammadiyah Pekanbaru”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas II SMP Muhammadiyyah 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Dan sampelnya adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas yang menggunakan permainan kalimat yang tersembunyi dengan yang tanpa menggunakan permainan kalimat yang tersembunyi. Karena nilai To = 2,97 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 di antara f signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Metode Mim-Mem DenganTeknik LookAnd-Say Exercises Efektif Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Di SMP Mutu Muhammadiyah Pekanbaru”. Dan hasil observasi sebesar 79,6% dengan kategori baik. Kata Kunci: Efektifitas, Metode, Teknik, PenguasaanMufrodat