Daftar Isi:
  • Salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa adalah persepsi dan minat belajar yang baik terhadap mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dan minat belajar terhadap mata pelajaran kimia dengan prestasi belajar siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dan skala minat belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi ganda, dengan nilai F sebesar 606,157 dengan taraf signifikansi (p=0,000). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara persepsi dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Minat Belajar, Persepsi Siswa, Mata Pelajaran Kimia, Prestasi Belajar