Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode langsung dengan strategi setiap orang jadi guru pada pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode langsung dengan strategi setiap orang jadi guru pada pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Tahun ajaran 2017/2018 , dengan sampel siswa kelas 2 B dan 2 A Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 2 B dan 2 A Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode langsung dengan strategi setiap orang jadi guru pada pembelajaran bahasa Arab tidak efektif untuk keterampilan berbicara siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To lebih kecil dari Tt pada taraf signifikansi 5% dan taraf signifikansi 1%. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode langsung dengan strategi setiap orang jadi guru pada pembelajaran bahasa Arab tidak efektif untuk untuk keterampilan berbicara siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Langsung, Strategi Setiap Orang Jadi Guru, Keterampilan Berbicara