HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU
Daftar Isi:
- Salah satu kondisi yang diperlukan dalam kegiatan sehari-hari adalah flow (Csikszentmihalyi, 1990). Keadaan flow meliputi gairah dan minat yang cukup intens untuk mengerjakan suatu tugas, mengarah kepada pengalaman yang menyenangkan, seseorang secara sadar dan aktif menggunakan semua kemampuannya untuk memenuhi tugas tersebut. Self efficacy dan motivasi berprestasi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi flow akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan motivasi berprestasi dengan flow akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN SUSKA Riau. Subjek penelitian berjumlah 115 orang mahasiswa fakultas psikologi UIN SUSKA Riau yang di tentukan dengan teknik proporsional random sampling. Berdasarkan analisis product moment diperoleh hasil koefisien korelasi 0,725= dengan p = 0.000, yang menunjukan ada hubungan signifikan antara self efficacy dan koefisien korelasi untuk motivasi berprestasi sebesar 0,714 dengan p = 0.000, yang artinya motivasi berprestasi memiliki hubungan yang positif dengan flow akademik. Dengan kata lain hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya, terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dan motivasi berprestasi dengan flow akademik. Ini berarti semakin tinggi self efficacy dan motivasi berprestasi mahasiswa maka akan semakin tinggi pula flow akademiknya. Kata kunci: self efficacy, motivasi berprestasi, flow akademik