HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI AIRTIRIS
Daftar Isi:
- Prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar yang dicapai seorang siswa berupa suatu kecakapan dari kegiatan belajar dibidang akademik di sekolah pada jangka waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah orangtua, keterlibatan orangtua dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara ketelibatan Orangtua dengan prestasi belajar matematika siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 115 siswa di SDN 001 Airtiris dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan satu skala psikologis.Teknik analisis data menggunakan Product moment, hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterlibatan orangtua dalam belajar dengan prestasi belajar matematika siswa di SDN 001 Airtiris. Hasil analisis data keterlibatan orangtua dalam belajar dengan prestasi belajar diperoleh dengan p= 0,002 (p<0,05), artinya ada hubungan signifikan dan positif antara keterlibatan orangtua dalam belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Sumbangan efektif keterlibatan orangtua dalam belajar dengan prestasi belajar sebesar 6,8%. Kata kunci: Keterlibatan orangtua dalam belajar, prestasi belajar