EFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI PERMAINAN AL QISSOH AL MUTAQOTTI’AH (SOBEKAN CERITA) DENGAN MEDIA PROYEKTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR
Daftar Isi:
- enelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Penggunaan Strategi Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita ) dengan Media Proyektor untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Strategi Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita ) dengan Media Proyektor efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar ?”. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar, sedangkan objeknya adalah Efektifitas Penggunaan Strategi Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita ) dengan Media Proyektor Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah, Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dan sampelnya adalah siswa kelas XI Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan membaca siswa antara kelas yang menggunakan Strategi Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita ) dengan Media Proyektor dengan yang tanpa menggunakan Strategi Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita ) dengan Media Proyektor. Karena nilai To = ٤.٨ lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi ١٪ = ٢,٤٢ dan taraf signifikansi ٥٪ = ١,٦٨. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Strategi Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita ) dengan Media Proyektor efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah, Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Efektifitas, Strategi, Permainan Al Qissoh Al Mutaqotti’ah (Sobekan Cerita), Media Proyektor, Kemahiran Membaca.